Cara Membersihkan Dispenser Air Minum

 on Jumat, 16 Oktober 2015  

Membersihkan dispenser air minum berarti juga menjaga kebersihan air minum dan kesehatan Anda. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui cara merawat dispenser air minum.

Cara Merawat Dispenser Air

Membersihkan dispenser air minum sebaiknya dilakukan setiap enam minggu sekali. Waktu yang paling tepat adalah pada saat botol airnya telah kosong sehingga memudahkan Anda mengangkatnya. Sebaiknya Anda juga membaca buku petunjuk perawatan dispenser air Anda yang mungkin memuat saran-saran cara membersihkannya.

Di luar jadwal membersihkan setiap enam minggu sekali, ada baiknya Anda merawat dispenser secara teratur pula. Mengelap bagian luarnya seminggu sekali atau pada saat mengganti atau mengisi ulang botol airnya membantu memperkecil kemungkinan kontaminasi. Gunakan tisu basah yang aman untuk menyeka bagian luar dispenser dan bagian luar botol air yang masuk ke dispenser. Botol kemasan air berpotensi kotor dan penuh debu setelah disimpan di dalam gudang toko.
Cara Membersihkan Dispenser Air Minum

Membersihkan Dispenser Elektronik

1.    Putus aliran listrik ke dispenser dan pindahkan botolnya.
2.    Kuras sisa air di dalam dispenser melalui keran.
3.    Lepas alas penampung tetesan air di bawah keran dan penyaring air di dalam dispenser.
4.    Siapkan campuran karbol dan air di dalam ember.
5.    Lap bagian dalam tabung dispenser dengan lap mikrofiber yang dibasahi larutan karbol.
6.    Rendam penampung tetesan air dan saringan di dalam ember berisi larutan selama maksimal 5 menit.
7.    Bilas tabung dispenser dengan air bersih paling tidak tiga kali untuk menghilangkan sisa-sisa campuran karbol. Jika bagian dalam dispenser masih berbau karbol, ulangi pembilasan hingga baunya hilang.
8.    Pakai kain mikrofiber untuk mencuci penampung tetesan air dan saringan yang telah direndam, lalu bilas dengan air bersih sampai bebas bau karbol.
9.    Pasang kembali komponen-komponen pada dispenser dan pasang botol air baru yang telah dibersihkan bagian luarnya.

Membersihkan Guci Air Minum

1.    Angkat dan pindahkan botol airnya.
2.    Kosongkan guci dari sisa air. Hati-hati ketika mengangkat guci, terutama jika terdapat genangan air di lantai. Jika terlalu berat, kuras melalui kerannya.
3.    Siapkan campuran karbol dan air di dalam ember.
4.    Lap bagian dalam guci dengan lap mikrofiber yang dibasahi larutan karbol.
5.    Bilas guci dengan air bersih paling tidak tiga kali untuk menghilangkan sisa-sisa campuran karbol. Jika bagian dalam guci masih berbau karbol, ulangi pembilasan hingga baunya hilang.
6.    Pasang botol air baru yang telah dibersihkan bagian luarnya.

Membersihkan Keran Dispenser Air
1.    Kalau keran dispenser bisa dilepas, rendam bagian ini dalam larutan karbol yang sama selama maksimal 5 menit.
2.    Bilas dibawah aliran deras air bersih untuk menyemprot bagian dalam keran yang sempit. Jika bau karbol masih tercium, bilas lagi sampai baunya hilang.

Perlengkapan untuk Membersihkan Dispenser dan Guci Air Minum
Untuk membersihkan dispenser, baik yang berbentuk guci maupun yang elektronik, Anda memerlukan perlengkapan berikut ini:
•    Satu sendok teh karbol yang tidak berbau tajam (jangan melebihi dosis ini)
•    Ember
•    Lima liter (sekitar lima gayung) air bersih
•    Kain mikrofiber bersih
•    Sarung tangan karet untuk melindungi kulit tangan Anda

Catatan penting: Pada saat menggunakan karbol rumah tangga, pastikan Anda mengenakan sarung tangan karet, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan terlebih dulu membaca petunjuk pemakaian produk.

Cara Membersihkan Dispenser Air Minum 4.5 5 Cah Samin Jumat, 16 Oktober 2015 Membersihkan dispenser air minum berarti juga menjaga kebersihan air minum dan kesehatan Anda. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui...


Tidak ada komentar: