Kesehatan Mata Bagi Blogger

 on Sabtu, 09 Mei 2009  

Mata merupakan indra vital yang sangat mahal harganya bagi manusia, karenanya kita bisa menikmati keindahan, melihat kebesaran Tuhan dimuka bumi ini. Meskipun fungsinya sangat penting namun acapkali kurang terperhatikan, sehingga banyak penyakit yang menimpa organ ini tidak diobati dengan baik sehingga bias menyebabkan gangguan fungsi penglihatan bahkan sampai mengalami kebutaan. Seorang blogger yang hobby ngeblog tidak terkecuali menjadi kelompok yang beresiko mengalami gangguan pada mata.

Gangguan pada organ mata yang paling sering dialami adalah rabun, dapat berupa rabun jauh, ataupun rabun dekat, atau campuran keduanya. Rabun mata merupakan gangguan dalam hal memfokuskan bayangan benda yang dilihat. Gangguan pada mata lainnya yang sering dialami adalah astigmatisme, yaitu kelainan pada mata sehingga pancaran cahaya dari satu titik tidak jatuh pada satu titik fokus, yang menyebabkan pandangan menjadi kabur. Rabun dan astigmatisme dapat diatasi dengan kaca mata atau lensa kontak.

Rabun dan astigmatisme dapat juga diobati dengan teknologi yang dapat mengoreksi kelainan mata dengan bedah refraktif yang menggunakan sinar laser (LASIK). Pengobatan mata ini bisa membebaskan penderita dari penggunaan kaca mata atau lensa kontak, karena penyembuhanya permanen.

Keehatan mata terkadang terganggu oleh maalh yang sering dialami seperti mata merah, baik yang disertai atau tidak dengan gangguan penglihatan. Penyebab dari gangguan mata merah ini beragam, bias karena peradangan, alergi, infeksi, reaksi kimia, sampai dengan perdarahan.

Untuk mencegah kebutaan, sebaiknya setiap kali mengalami gangguan di mata, segeralah berkonsultasi dengan dokter mata terdekat. Akan sangat bagus apabila anda memeriksakan mata setiap tahun ke dokter sehingga dokter dapat mengobati lebih awal mendeteksi penyakit atau gangguan-gangguan yang terjadi pada mata anda.

Kesehatan mata akan sangat rawan utamanya pada para blogger atau pekerja kantoran yang dituntut harus didepan komputer berjam-jam dalam seharinya. Tentu terkadang kita sangat susah menghindari hal ini karena ketergantungan pada teknologi karena kemudahan-kemudahan untuk menyelesaikan tugas kita yang lain.

Beberapa langkah untuk memperkecil resiko anda menggalami ganguan kesehatan mata bias ditempuh beberapa hal berikut:

* Pasanglah filter monitor komputer anda, karena filter ini berfungsi untuk mengurangi radiasi yang akan menuju mata anda.
* Pergunakan jenis monitor yang berteknologi menggunakan LCD/plasma.karena monitor ini lebih save dari generasi sebelumnya.
* Untuk selalu menjaga jarak ideal antara mata dengan monitor computer, standarnya adalah 30 centimeter.
* Lakukan pengaturan warna pada layar monitor sehingga enak dipandang sehingga tidak menyebabkan mata menjadi cepat lelah karena silau, demikian juga jangan terlalu gelap,karena akan menyebabkan mata anda bekerja terlalu keras untuk melihat obyek sehingga mata menjadi cepat kering.
* Silahkan setting screen refresh rate menjadi 75 htz, jika memakai windows XP lakukan langkah: klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate.atur menjadi 75 htz.
* Bisa juga menggunakan semacam kacamata khusus yang dipakai pada saat menggunakan komputer
* Atur penggunaan komputer karena mata akan lelah, rumus sederhananya satu jam bekerja 15 menit rehat mata.
* Menunjang kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, dll.

Demikian tips menjaga kesehatan mata semoga bisa menjaga kesehatan mata anda lebih baik. Sayangilah anugrah yang diberikan oleh Tuhan.


Dikutip dari: http://shalimow.com
Kesehatan Mata Bagi Blogger 4.5 5 hery_wae Sabtu, 09 Mei 2009 Mata merupakan indra vital yang sangat mahal harganya bagi manusia, karenanya kita bisa menikmati ke...


Tidak ada komentar: