Permukaan bumi semakin transparan, kemana lagi akan bersembunyi?

 on Rabu, 19 November 2008  

Tentu Anda pernah mendengar istilah google earth atupun google maps. Atau justru Anda sering menggunakannya untuk melihat-lihat berbagai penjuru bumi?

Kira-kira dua bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 6 September 2008 telah diluncurkan sebuah satelit bernama GeoEye-1 dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California dan mencapai posisi orbit pada ketinggian 423 mils dari permukaan bumi. GeoEye-1 merupakan sebuah satelit pencitraan bumi yang disponsori oleh Google dan U.S. National Geospatial Agency’s NextView.

Dengan dana pembuatan mencapai 502 juta US dolar, GeoEye-1 menjadi satelit pencitraan yang memiliki resolusi paling tinggi saat ini. Sementara itu google sebagai sponsor utama mendapat hak untuk menampilkan logonya di badan satelit bersama dengan logo GeoEye di sampingnya.Mengenai detail resolusi gambar yang mampu dibidik oleh satelit GeoEye-1 ini katanya bisa mencapai sebesar 41cm namun karena peraturan pemerintah Amerika yang boleh dikonsumsi publik hanya sampai pada resulusi 50 cm.

First image from GeoEye-1 satellite

Gambar pertama yang dihasilkan oleh GeoEye-1 setelah proses kalibrasi selesai adalah photo udara dari kampus universitas Kutztown yang terletak di pertengahan antara Reading dan Allentown, Pennsylvania. Pada foto ini terlihat sejumlah mobil yang terpakir rapi di beberapa lapangan parkir dan juga baner “GOLDEN BEARS” pada tribun lapangan rugby. Bagaimana menurut Anda, begitu detail bukan? Meskipun belum ada statemen resmi dari pihak Google tentang rencana penggunaan gambar hasil rekaman GeoEye-1 apakah akan mengisi database google earth dan google maps, namun dengan detail seperti itu membuat privasi kita sebagai sebuah negara berdaulat menjadi terancam. Kemana lagi kita akan menyembunyikan sebuah proyek rahasia? Atau kita mungkin akan terkejut dengan wajah Indonesia saat ini dengan begitu banyaknya ilegal loging dan penggundulan hutan?

Gambar diambil dari http://hothardware.com
Permukaan bumi semakin transparan, kemana lagi akan bersembunyi? 4.5 5 hery_wae Rabu, 19 November 2008 Tentu Anda pernah mendengar istilah google earth atupun google maps. Atau justru Anda sering menggun...


Tidak ada komentar: